Kamis, 18 Oktober 2012

Mengenal Aneka Jenis Puding

Tau ga kalo puding punya beberapa macam jenis, ada puding susu, puding santan, puding busa, puding telur, puding buah, puding cake/bolu, dan puding lapis. Dan untuk masing-masing puding itu mempunyai trik n tips cara membuat.


Tips untuk membuat puding dapat dilihat dibawah ini :

Puding Susu
Biasanya puding susu menggunakan susu segar, susu uht (misalkan susu ultra), susu bubuk (di cairkan dulu dengan air, komposisi susu disesuaikan dengan yang dikemasan susu), susu kental manis (cairkan dulu dengan air, komposisi sesuai dengan di kemasan, kurangi porsi gula atau kalau perlu hilangkan sama sekali)
kalo misalnya puding susu yang kamu buat tidak mulus warnanya, seperti menjadi bermotif antara yang keruh dengan yang bening? ini karena susunya terlanjur pecah saat di masak. Pecah bukan berarti rusak, cuma terpisah aja. Penyebabnya, susu terlalu lama di masak bersama agar2. Cara membuat puding susu, biasanya susu di didihkan terpisah, agar2 di didihkan dengan sedikit air di tempat lain. setelah susu mendidih, tuang cairan agar2, aduk sebentar, siap di cetak

Puding Santan
puding santan selalu menghasilkan lapisan pada pudingnya, yaitu bening dan keruh bagian atas yang merupakan santan kental. Ini tidak dapat dihindari, karena klo bikin puding santan suka gitu warnanya. Tapi dapat di kurangi, dengan tidak buru2 menuang puding dalam cetakan, tapi di aduk2 dulu sampai suhu panas puding berkurang, dan menjelang membeku, tuang pada cetakan.

Puding Busa
Busa dihasilkan dari telur putih yang dikocok sampai kaku ato sampai kocokan telur putih tadi berbusa. Hati hati dengan telur putihnya, terus harus menggunakan peralatan yang benar2 bersih, karena jika tidak, telur putih tidak akan mengembang dan kaku. Kaku artinya, jika wadah di miringkan, busa telur putih tidak akan tumpah. Cara mencampur telur putih dengan pudding, tuangkan cairang puding sedikit sedikit ke wadah telur putih, sambil di aduk atau mixer speed rendah sampai rata,,
Seperti puding santan, adonan ini akan memisahkan diri antara cairan dan busanya. Jika mengharapkan menyatu, aduk2 puding sampai mau dingin, baru di tuang di cetakan,,

Puding Telur
Kuning telur, biasanya digunakan untuk membuat puding menjadi lebih gurih. Tapi kita harus ati-ati waktu mencampur kuning telur, supaya tidak bergumpal-gumpal pada adonan puding. Caranya : kuning telur di kocok lepas di satu wadah. Kocok lepas artinya di kocok menggunakan garpu asal tercampur, tidak sampai menghasilkan busa. tuang satu atau dua sendok makan makan puding panas pada kocokan telur, aduk cepat supaya tidak menggumpal, lalu tuang adonan ini pada panci pudingnya, aduk rata.

Puding Buah
buah-buah segar atau kalengan sering di masukkan pada pudding, dengan di tata agar manis. dibutuhkan kesabaran untuk membuat buah tampil cantik pada puding. Kalau nggak sabar, buah bisa mengapung-apung semaunya sendiri. Caranya, tata buah di dasar cetakan, tuang sedikit adonan puding, biarkan sedikit membeku agar mengikat buah2an pada tempatnya. setelah itu baru dituang sisa adonan.

Puding Cake/Bolu
ini juga butuh kesabaran, karena bolu akan segera menyerap cairan puding, jika kita tidak sabar mengerjakannya.Aduk2 adonan sampai menjadi hampir dingin, tuang perlahan diatas cake/bolu, agar terjadi lapisan yang bagus.

Puding Lapis
Tiap lapis, selalu harus di tunggu sampai setengah beku, baru di tuang lapisan berikutnya. Bagaimana kalau adonan puding di panci membeku? don’t worry be happy, karena masih bisa dipanaskan lagi, dan adonan akan mencair kembali.
*tips tambahan : untuk menghilangkan BAU AMIS TELUR pada puding yang menggunakan bahan tambahan berupa telur ayam :Caranya sebelum di kocok, tambahin sedikit gula pasir, Insya Allah ga amis.


Sumber : - dari berbagai sumber
               - Ria (Dapur Sehat Ibu)

1 komentar: