Senin, 29 Oktober 2012

Hati-hati Radiasi HP Pada Anak

Di era digital saat ini penggunakan telepon seluler atau ponsel sudah menjadi hal yang biasa digunakan oleh siapa saja. Termasuk anak-anak. Ponsel sudah bukan lagi menjadi tren gaya hidup, tapi juga kebutuhan dalam berkomunikasi. Bukan hal aneh lagi bila hubungan orangtua dengan anak pun kini menjadi lebih sering melalui ponsel, dibanding tatap muka.

Tapi dibalik k
emudahan tersebut, kita juga harus tetap ingat akan adanya bahaya radiasi yang ditimbulkan dari sinyal ponsel. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia mengungkapkan bahwa ponsel dapat meningkatkan risiko kanker sebanyak 400% pada penggunanya! Waduh, bahaya banget dong ya.

Pernyataan ini dikeluarkan oleh International EMF (Electromagnetic Field) Collaborative yang melakukan riset di 13 negara Eropa Barat. Mereka khusus meneliti efek radiasi ponsel yang dapat berdampak atau berpengaruh pada kesehatan. Terutama pada anak-anak.

Saat ini sejumlah negara telah memblokir penggunaan ponsel bagi anak-anak. Bahkan Perancis sudah mengeluarkan instruksi agar anak-anak menggunakan ponsel hanya untuk mengirim pesan saja," terang Lloyd Morgan, salah satu peneliti dari EMF Collaborative.

Menurut Morgan, percakapan dalam jangka waktu lama dengan menggunakan ponsel akan meningkatkan risiko anak atau remaja terserang kanker otak. Ia juga tidak menganjurkan anak-anak untuk mengantongi ponsel di dalam celana. Begitu juga tidur di dekat ponsel yang masih aktif, karena dapat mengganggu kesehatan.

Meskipun bermanfaat, namun ada baiknya untuk mulai mengurangi penggunakan ponsel Moms. Terutama dengan anak-anak, ada baiknya untuk saling bertukar pesan singkat saja. Selain berhemat, kita jadi dapat mengurangi efek buruk sinyal ponsel pada buah hati kita. 
 
Setuju tidak Moms?
 
Sumber :
Dari berbagai sumber ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar