Senin, 29 Oktober 2012

Kenalkan Si Kecil dengan Sushi

"Makan sushi yuk!" Ajakan itu sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga Moms. Namun sering menyantapnya, belum tentu kita mengenalnya dengan baik. Ternyata, untuk menyajikan potongan makanan dari ikan (biasanya mentah) di atas nasi yang diberi sedikit cuka ada bermacam-macam.
1. Makisushi
Alias sushi roll. Terdiri dari nasi sushi, nori, serta ikan dan/atau sayuran. Untuk yang gulungan kecil biasanya disebut Hosomaki. Dimana seporsi berisi sekitar enam potong.

2. Uramaki
Gulungan sushi ukuran sedang dengan nori di dalam. Terdiri dari enam atau delapan potong perporsi. Porsi besarnya yang terdiri dari empat potong kerap disebut futomaki.

3.Temakisushi
Nah yang ini terkadang masuk golongan fussion alias sudah dimodifikasi. Bisa ditambahi mayonese juga.Bentuknya mirip corong dan dijual satuan. Isinya berisi nasi, ikan serta sayur-sayuran namun bisa juga dimodifikasi sesuai pesanan.

4. Nigirisushi
Ini adalah sushi yang paling populer.Cara membuatnya dengan membentuk segumpal nasi sebesar ibu jari. Di atasnya diletakkan potongan ikan seperti tuna (maguro) atau salmon (shake), tapi bisa juga udang (ebi), belut (unagi), cumi, gurita atau telur dadar (tamago).

Agar sushi lebih lezat, cocolkan shoyu alias kecap asin dari Jepang. Untuk mengurangi rasa amis kunyahlah gari atau manisan jahe merah muda. Agar sedikit pedas, ambil sedikit wasabi, yang juga berguna sebagai obat anti sakit perut meski menyengat. 
 
Selamat menikmati Sushi dengan sang buah hati ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar